Isuzu Panther Review

Isuzu Panther

Isuzu Panther merupakan salah satu mobil produksi Isuzu yang tertua. Panther pertama kali dirilis pada tahun 1991. Semenjak saat itu, Isuzu sebagai pihak produsen telah meluncurkan berbagai macam tipe Panther hingga tahun 2013. Panther terkenal sebagai mobil tipe MPV yang memiliki kemampuan tangguh dalam melibas berbagai macam kondisi jalan yang ada di Indonesia.

Selama kurun waktu tahun 1991 sampai dengan tahun 2013, Isuzu telah meluncurkan 4 generasi Panther. Generasi Panther pertama dirilis oleh Isuzu pada tahun 1991 hingga 1996. Kemudian generasi Panther berikutnya muncul pada periode tahun 1996-2000, periode ketiga tahun 2000-2005, dan yang terakhir adalah generasi Panther Grand Touring.

Isuzu Panther
Isuzu Panther. Photo of Oto Spirit

Spesifikasi Isuzu Panther

Mesin
Tipe 4JA1-L Direct Injection w/ Turbocharger
Kapasitas 2.499 cc
Daya Maksimal 80 PS / 3.500 rpm
Torsi Maksimal 191 Nm / 1.800 rpm
Diameter X Langkah 72,5 x 80,5 mm
Suplai Bahan Bakar Solar
Sistem Bahan Bakar Diesel Direct Injection
Transmisi Manual 5 Percepatan
Bodi
Dimensi 4.535 x 1.770x 1.690mm
Ukuran Ban 235/70/R15
Fitur
Keselamatan Passenger Airbag
Side Airbag-Front
Child Safety Locks
Driver Airbag
Anti-Lock Braking System
Brake Assist
Passenger Airbag
Side Airbag-Front
Child Safety Locks
Driver Airbag
Suspensi
Front Suspension Double Wishbone
Rear Suspension Multi-Link
Shock Absorbers Type Coil Spring

 

Interior Isuzu Panther

  1. Ruang Kabin

Pada bagian kabin, Isuzu Panther memiliki desain dengan bahan yang minimalis. Pada bagian setir, Panther menggunakan lapisan kulit yang membuat tampilannya terkesan sangat klasik. Selain itu, pada bagian lain ruang kabin Panther tidak memiliki banyak hal yang begitu istimewa. Fitur yang digunakan juga masih termasuk dalam fitur fungsional standar.

  1. Dashboard dan Setir

Dashboard Panther memiliki warna cokelat dan hitam yang terlihat sangat meyakinkan. Tambahan dua AC pada bagian tengah mobil membuat pengemudi dan penumpang merasakan udara sejuk selama melakukan perjalanan. Untuk bagian hiburan, Isuzu memberikan perangkat elektronik seperti radio dan juga pemutar musik baik CD ataupun DVD.

Seperti yang telah disebutkan sebelumnya, pada bagian setir Panther memiliki kesan tersendiri. Bagian setir yang menggunakan lapisan kulit dapat membuat pengemudi nyaman ketika berkendara. Namun, dari segi desain setir tidak memiliki perubahan yang mencolok jika dibandingkan dengan seri Panther yang telah ada sebelumnya.

  1. Kursi

Pada bagian jok Isuzu Panther terbaru memang tidak menggunakan lapisan kulit. Namun, secara visual jok mobil pada Panther terbaru memiliki bentuk yang lebih rapi. Busa yang digunakan untuk material kursi juga cukup empuk. Nuansa kursi secara keseluruhan berwarna krem. Dalam hal kapasitas, jumlah kursi yang disediakan cukup untuk menampung 7 orang penumpang termasuk pengemudi.

Exterior Isuzu Panther

  1. Bagian Depan

Pada exterior depan, Panther memiliki konsep grill yang menarik. Grill yang digunakan pada Isuzu Panther terbaru ini memiliki bentuk trapesium terbalik yang beraksen warna chrome. Di bagian tengah grill, Anda dapat menemukan logo Isuzu yang menggunakan font yang menarik. Untuk ukuran lampu depan, Panther memiliki ukuran yang lebih lebar sehingga dapat memberikan penerangan yang lebih baik.

  1. Bagian Samping

Pada bagian samping, Panther mempunyai exterior yang minimalis. Hal tersebut terbukti dengan desain yang hanya menggunakan aksen garis yang membentang dari depan hingga belakang bodi. Untuk menambah kesan menarik, Isuzu menambahkan logo Panther di pintu depan. Sementara untuk bagian roda, Panther memiliki velg dengan jarak dasar mencapai 2685 mm.

  1. Bagian Belakang

Pada bagian exterior belakang, Panther memiliki desain yang lebih sporty dari pendahulunya. Isuzu membekali Panther terbaru dengan lampu belakang berbentuk segitiga. Sama seperti pada bagian samping, Isuzu juga menyematkan logo Panther pada pintu belakang. Hal itu diharapkan mampu memberikan kesan lebih menarik pada desain exterior belakang milik Panther.

Harga Isuzu Panther

Dari keempat generasi Panther yang telah dikeluarkan Isuzu, Panther seri Grand Touring memiliki harga yang paling tinggi. Pada umumnya, harga yang harus Anda tebus untuk mendapatkan varian Grand touring dari Isuzu Panther adalah sebesar Rp 332.300.000. Harga tersebut juga masih memiliki potensi untuk mengalami kenaikan pada beberapa tahun ke depan.

Besaran harga di atas tentu memiliki perbedaan jika dibandingkan dengan di berbagai wilayah Indonesia lainnya. Namun, terlepas dari perkembangan harga dari Panther yang semakin melambung, segi performa dari mobil MPV produksi Isuzu yang satu ini rasanya tidak perlu diragukan lagi.

Jika anda tengah berada di kota Yogyakarta dan anda membutuhkan kendaraan terbaik untuk menikmati indahnya kota budaya ini, sewa Avanza Jogja adalah pilihan terbaik bagi anda.